Service Aki kering tipe MF (Free Maintenance)

Table of Contents
Do it yourself, Hasil searching sana-sini akhirnya menemukan tutorial service aki jenis MF(Free Maintenance) yg masuk logika ane & udah ane uji cobakan tentunya.. oke gan yg punya aki kering jangan langsung dibuang.. sayang duitnya bisa ditabung or buat yg lain.. :) berikut tutorial service aki kering / accu free maintenance :

Sebagian besar masyarakat otomotif/para pemilik kendaraan beranggapan bahwa aki kering yang dimilikinya benar-benar kering tidak ada unsur cairan elektrolit didalam aki. pendapat tersebut perlu diluruskan. aki tipe ini tetap memakai cairan elektrolit, tipe aki ini disebut VRLA battery (valve-regulated lead–acid battery) yang juga dikenal sebutan sealed battery (Aki disegel) 

Aat yang dibutuhkan untuk servis aki kering
- Obeng min
- Lakban or lem
- Charger accu
- Suntikan 20 ml bekas tinta printer
- air suling, sumur, hujan, air minum mineral atau air teh semua bisa pakai.
- Kacamata penutup mata

Berikut gambar Anatomi Tipe Aki VRLA battery :


 Ciri-ciri aki kering/VRLA yang Dapat di servis atau diperpanjang umurnya diatas 1 tahun
- Pagi hari tidak kuat stater setelah kendaraan jalan aki kembali kuat untuk stater.
- Test charging : aki motor masih dapat menerima input arus listrik sebesar 2,5 s/d 7 amper dan khusus aki   mobil 7 s/d 12 ampere.
- Masih bisa menerima kisaran 12 sampe 14,7 volt waktu charge.

Contoh Tipe aki VRLA Battery:




Langkah 1 : Tutup koper aki dibuka pakai obeng minus lakukan dengan hati-hati jangan sampai tangan terluka

Langkah 2 : Buka tutup karet simpan jangan sampai hilang. Hati-hati waktu membuka karet penutup karena cairan lead acid akan keluar semacam uap panas jauhkan mata dari jangkauan uap / gas dari lead acid, untuk mengurangi resiko gunakanlah kacamata sebagai pengaman.
 Langkah 3 : Ambil air suling sedot pakai suntikan sebanyak 10 - 15 mili, kemudian masukan kedalam lubang-lubang aki sebanyak enam lubang. lakukan dengan hati-hati, utamakan keselamatan. Perhatikan baik-baik untuk pengisian air suling (Air destilasi) jangan sampai penuh sisakan ruang kira2 1 cm dari ujung tutup. untuk pemuaian lead acid agar ada ruang gas bergerak.

Langka 4 : lakukan pengecasan selama 2 s/d 3 jam ciri aki kering super bagus : penerimaan input arus listrik 5 s/ 7 amper : kondisi sedang 2,5 s/d 5 amper
Untuk pengecasan saya sarankan sebaiknya gunakan 10% dari ampere aki tersebut (berlaku untuk semua baterai agar sel baterai tidak rusak/awet dengan kata lain Terlalu besar pengisi daya dapat merusak aki dan terlalu kecil akan memakan waktu lebih lama untuk pengisian ulang aki), Untuk voltase charger gunakan 110% s/d 115 % dari volt aslinya, saya contohkan maka tegangan charger harus berkisar 13,2 sampe 13,8 Volt jika lebih akan terjadi over voltage  , over voltage akan mengakibatkan kerusakan sel aki. Disini saya sedang ngechas aki kering untuk honda supra X125 saya merk GS type gtz5s dengan spesifikasi 12 volt 3,5 A  menggunakan trafo 2 Ampere dengan alat charge automatic cut off. jika alat chas manual estimasi waktu pengecasan bisa dihitung sebagai berikut di link disini http://www.csgnetwork.com/batterychgcalc.html


 Langkah 5: setelah pengecasan selesai pasang kembali 6 buah tutup karet, kemudian koper casing plastiknya tutup sisi-sisinya dengan lakban, ventelasinya jangan ditutup. setelah ditutup gunakan lem tembak pada sisi tutup paling atas agar kerapatan terjamin.
alat lem tembak :





3 komentar

Comment Author Avatar
6 Januari 2014 pukul 20.33 Delete
air suling, sumur, hujan, air minum mineral atau air teh semua bisa pakai.
semuanya bisa ya, tidak harus accu zuur?

info yg bgus
Comment Author Avatar
13 Agustus 2014 pukul 15.03 Delete
berarti dari kata lain airnya ya gan yang hbis apa tidak langsung di charger gtu y.
Comment Author Avatar
23 November 2014 pukul 13.03 Delete
gan punya ane ko udh pke apapun tetep mati knp ya ga n pdahal aki ori dan sel sel nya msih bgus,, cuman pertama sya buka air akinya bner2 kering bos gimna ya solusinya